Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) UNIS 2017

IMG_5556

Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) UNIS 2017

Masa orientasi studi dan pengenalan kampus (Ospek) tengah bergulir di Universitas Islam Syekh Yusuf (UNIS), Kota Tangerang pada tanggal 2 – 3 September 2017.

Dalam ospek tersebut pihak kampus menghindari adanya perpeloncoan.

Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Islam Syekh yusuf Tangerang memberikan kesan tersendiri. PKKMB yakni sebuah kegiatan untuk memperkenalkan mahasiswa baru dengan kehidupan kampus dilingkungan Universitas. Materi yang diberikan pada hari pertama mengenai sejarah berdirinya UNIS, Kegiatan akademik, kegiatan kemahasiswaan serta Fasilitas akademik dan kemahasiswaan. Materi yang diberikan bertujuan sebagai pengenalan mahasiswa baru agar dapat menanamkan rasa memiliki dan peduli terhadap Lingkungan kampus, mengenalkan kegiatan-kegiatan perkuliahan, dapat menjaga dan merawat fasilitas-fasilitas yang telah tersedia, bertanggung jawab terhadap perkembangan fakultas dan dapat menjadi mahasiswa baru yang membawa FPK lebih maju baik dalam bidang akademik dan non akademik.

Sebanyak 1.400 mahasiswa baru yang masuk di UNIS Tangerang ini. Rektor UNIS, Prof. Mustafa Kamil menjelaskan pihaknya pada saat ini mengadakan ospek dengan tema berbeda dari tahun – tahun sebelumnya.

“Ospek tahun ini kami adakan dengan budayakan minat baca kepada para mahasiswa baru,” 

Menurutnya budaya minat baca ini perlu dilakukan. Pasalnya generasi milenel saat ini rendah pada minat membacanya.

“Padahal teknologi sudah berkembang jauh. Jangan hanya baca Whatsap, Facebook, atau sosial media saja. Tapi juga baca ilmu pengetahuan,” ucapnya.

Oleh karena itu dirinya mengimbau agar para mahasiswa baru ini dapat mengumpulkan buku – buku bekas yang informatif. Agar pengetahuan mereka bisa berkembang lagi.

“Biar minat bacanya meningkat. Bahkan anak muda saat ini sudah jarang yang membaca koran. Padahal koran itu gudang informasi,” kata Mustafa.

Ia menyebut budaya minat baca tersebut diberlakukan supaya peradaban ini berkembang. Tidak ada lagi perpeloncoan dalam penerimaan mahasiswa baru.

“Perpeloncoan itu sudah tidak ada lagi. Ospek ini disebut PKKMB atau program kenal kampus mahasiswa baru. Kegiatannya memberikan materi yang bermanfaat kepada generasi bangsa,” ungkapnya.

Seperti pemahaman NKRI, bela negara, permasalahan radikalisme, peredaran narkoba dan lain sebagainya. Ada juga materi motivasi yang diberikan pada mahasiswa baru ini.

“Panitia Ospek di kampus ini tergabung dengan mahasiswa senior dan tim dosen. Jadi kami monitor betul tidak ada yang melakukan perpeloncoan. Kalau sampai ada, diberikan sanksi tegas dan akan dikeluarkan dari kampus,” paparnya.

 

Blog Attachment

Related Blogs

Leave us a Comment

English EN Bahasa Indonesia ID