Tabligh akbar UNIS “Ustad Abdul Somad”

uas di unis

Tabligh akbar UNIS “Ustad Abdul Somad”

UNIS Tangerang – Penceramah asal Riau, Ustadz Abdul Somad (UAS) menyambangi Kampus Kami Universitas Islam Syekh Yusuf (UNIS) Tangerang, Kamis (1/11/2018) siang, tidak hanya menarik antusiasme dari kalangan mahasiswa. Sejumlah masyarakat sekitar pun turut berdatangan.

Tabligh akbar kali ini mengangkat tema, “UNIS Sebagai Poros Peradaban Mahasiswa Islam di Banten Sesuai Suri Tauladan Nabi Muhammad SAW”. Dari pantauan Republika.co.id, sejumlah jalanan menuju arah kampus UNIS ditutup. Beberapa petugas polisi juga tampak berjaga-jaga.

Sementara itu, jamaah yang hendak menyaksikan tausiyah UAS telah mulai memenuhi pelataran tenda di depan panggung berdiri. Di samping itu, tampak beberapa stan yang menjual buku-buku karya Ustaz Somad tengah didatangi pengunjung.

Ustadz yang dikenal lugas ini, memompa semangat ratusan mahasiswa UNIS melalui dakwahnya.

“Layaknya Syekh Yusuf, belajarlah yang jauh dengan kemampuan yang dimiliki, terus pulang lagi ke negeri ini. Seperti Syekh Yusuf yang tidak pernah puas menuntut ilmu ke negeri lain,” katanya.

UAS mengatakan, saat itu Syekh Yusuf menempuh ilmu ke berbagai negeri pada ratusan tahun silam terbatas dengan kendaraan seadanya. Mulai dari Gowa Sulawesi Selatan, Tangerang Banten, kemudian ke Mekkah, Yaman, hingga Irak.

“Syekh Yusuf adalah petualang. Dari Makassar menuju Banten hingga Baghdad. Tapi dia tidak tinggal di sana, malah kembali membangun Indonesia,” kata UAS.

Untuk itu lanjut UAS, mahasiswa UNIS pada era modernisasi ini harus meniru semangat berjuang Syekh Yusuf, dalam mencari ilmu bagi kemajuan peradaban. “Kemanapun mencari ilmu silahkan, terus semangat demi kemajuan agama, bangsa dan negara,” pesannya.

Diketahui, UNIS mengabadikan nama Syekh Yusuf sebagai nama kampus bukan tanpa sebab. Ulama dengan nama lengkap Syekh Yusuf Abul Mahasin Tajul Khalwati Al-Makasari Al-Bantani, itu dianggap sebagai tokoh pejuang pendidikan di kota Tangerang pada masa lampau.

 

Referensi & Sumber

 

Related Blogs

English EN Bahasa Indonesia ID