Wisuda ke 44 UNIS Tangerang

wis

Lulusan kami Siap Bersaing di Era Revolusi Disruptif

PAGEDANGAN, —Sebanyak 719

mahasiswa Universitas Islam Syekh yusuf (Unis) Tangerang resmi diwisuda. Prosesi wisuda itu berlangsung dalam Sidang Senat Terbuka Unis Tangerang ke 44 di ICE BSD, Kecamatan Pagedangan, Sabtu (16/11). Dari 719 wisudawan, 646 orang merupakan sarjana S1 dari 5 fakultas dan 73 lainnya berasal dari 3 Program Pasca Sarjana. Rektor UNIS Tangerang, Mustofa Kamil mengatakan, tantangan alumni akan semakin berat. Apalagi di era disruptif dan digitalisasi teknologi. Pihaknya berharap gelar yang telah diraih, tidak menjadi patokan kesuksesan para wisudawan dalam menghadapi era perubahan ini.

“Para alumni dituntut untuk mampu bersaing dengan lulusan universitas lainnya tidak hanya di Banten tetapi di Indonesia. Diharapkan, ilmu yang didapat mampu diterapkan dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Apalagi di era revolusi ini dimana persaingan lebih mengarah kepada skill dari pada bidang akademik,” ujarnya. Menurut Mustofa Kamil, jika perguruan tinggi tidak dapat menyiapkan lulusan yang memiliki kompetensi yang tinggi, atau skill yang dibutuhkan oleh masa desruptif saat ini, dipastikan alumni akan kewalahan. Meski demikian, Unis telah mempersiapkan itu sejak 2016.

“UNIS telah menyiapkan kurikulum baru sejak 2016 dan Insya Allah kurikulum itu bisa menjawab tantangan di masa kini, yakni para mahasiswa dibekali keterampilan atau skill-skill yang tentu sesuai dengan kondisi yang ada, sehingga para lukusan Unis mampu mengabdi dan berkiprah di tengah masyarakat,” tegas Mustofa. Lanjut Mustofa, Unis terus meningkatkan kualitas pedidikannya, seperti kualitas para dosen.

Termasuk juga program riset dan pengabdian terhadap masyarakat, menjadi fokus utama kampus yang berdiri sejak 1966 ini. “Kami sedang meningkatkan sertifikasi dosen dan kualifikasi dosen dari S2 ke S3, sehingga dosen Unis ini betulbetul mampu memberikan pemahaman dalam mentransfer pengetahuan ke mahasiswanya, sesuai kebutuhan era sekarang. Kalau mutu dosen tidak bisa bersaing, maka lulusannya pun sulit untuk mengikuti perkembangan teknologi,” tambahnya. Ketua Umum Yayasan Syekh Yusuf, Hudaya Latuconsina berharap para lulusan Unis Tangerang ini bisa menjadi pelopor perubahan di masyarakat. Karena kalau tidak, maka ilmu yang telah didapat selama di bangku kuliah tidak bermanfaat.

“Semoga wisudawan menjaga nama baik almamater dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan, sehingga dapat memberikan manfaat kepada masyarakat,” pungkasnya. (irfan/aditya)

sumber : satelitenews, senin 18 nov 2019 Hal 8

Blog Attachment

Related Blogs

English EN Bahasa Indonesia ID