Designed and built with care, filled with creative elements

Top
Image Alt

Sambutan Rektor

  /  Sambutan Rektor

Sambutan Rektor UNIS

Assallamualaikum Wr. Wb

Salam sejahtera untuk Kita Semua.

Pertama-tama marilah Kita Panjatkan Puji dan Syukur kehadirat Allah SWT Tuhan semesta alam yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah kepada Kita semua, sehingga kita saat ini selalu dalam Ridha dan Kasih sayang Allah swt. Shalawat dan salam marilah kita sampaikan kepada Kekasih Allah yang telah membawa Kita semua kepada keimanan dan ketaqwaan yaitu Nabi besar Muhammad SAW.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, mewakili seluruh sivitas akademika UNIS Tangerang, menyampaikan bahwa setelah kita melewati masa pandemic Covid-19, kita mulai melaksanakan perkuliahan di Kampus tercinta dengan berbagai moda, yaitu bisa tatap muka, atau hybreed.

Era digitalisasi teknologi yang ditandai dengan revolusi industry 4.0 seakan memberikan arus teknologi dan informasi serta mobilitas sumberdaya manusia dari satu tempat ke tempat lain dengan cepat. Pendidikan Tinggi merupakan salah satu bidang pembangunan yang dilakukan pemerintah dalam rangka menjawab tantangan era tersebut. Oleh karena itu, UNIS telah mempersiapkan diri untuk mengisi era tersebut melalui pelayanan akademik secara digital, antara lain SINA, SPADA, OJS, dll. Sangat kita pahami bahwa sumberdaya manusia yang mampu bersaing pada era tersebut adalah manusia-manusia yang trampil dan memiliki skill kompetensi yang dibutuhkan serta sejalan dengan perkembangan era tersebut. Faktor-faktor dan alasan mengapa sumberdaya manusia itu  yang dibutuhkan? Beberapa alasan diantaranya adalah: 1) meningkatkan produktivitas, 2) meningkatkan daya saing bangsa di tataran global (internasional), dan 3) meningkatkan kepercayaan diri, kemandirian dan karakter. Semua itu dilakukan menuju masyarakat yang beradab masyarakat (civilized society). Kerangka dasar manusia era disruptif (era digital millennium) yang ditandai oleh berkembangnya cara berfikir, cara bertindak dan  cara berkomunikasi tanpa sekat memberikan kebebasan kepada semua manusia untuk tumbuh dan berkembang secara cepat.

UNIS merupakan salah satu Universitas tertua di Banten dengan 6 Fakultas dan 1 Program Pasca sarjana dengan didukung 250 dosen, 90 Tenaga Administrasi dan 30.000 lulusan sejak tahun 1966 sampai sekarang dengan jenis pekerjaan dan jabatan yang bervariasi, kondisi itu merupakan asset sumberdaya manusia yang tidak sedikit, pada satu sisi merupakan potensi yang melimpah (bonus demografi) yang bisa menjadi keuntungan bagi daya dukung pembangunan bangsa Indonesia, khususnya Provinsi Banten. Namun pada sisi lain  apabila kondisi sumberdaya lulusan UNIS yang melimpah tersebut tidak didukung oleh kompetensi yang berkualitas maka akan menjadi ancaman tersendiri bagi UNIS dan bangsa pada umumnya.

Untuk kepentingan itulah UNIS mencoba tetap membangun dan meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dalam nuansa akademik maupun non akademik bermutu, sehingga dengan berbagai potensi yang dimilikinya UNIS mampu menghasilkan lulusan yang berakhlakul karimah, mandiri, berkarakter dan bermutu.

Demikian yang bisa Kami sampaikan pada kesempatan ini. Akhirulkalam, semoga Allah SWT yang  Maha  Memiliki  Ilmu,  Maha  Pencipta, dan Maha Pemelihara segenap umat manusia, senantiasa mencurahkan petunjuk-Nya kepada kita semua dalam mengokohkan peran dan kontribusi UNIS Tangerang dalam menciptakan kehidupan umat-bangsa yang lebih baik, hari ini dan mendatang.

 

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Prof.Dr.H.Mustofa Kamil,Dip.RSL.M.Pd

Rektor UNIS Tangerang