Sejarah

Kampus Islam Pilihan Terbaik

Sejarah Perkembangan UNIS

 

Pada tahun 1966 situasi Tangerang demikian bergolak dengan adanya pemberontakan G30S/PKI. Pada waktu itu, kekuatan sosial yang ada di Tangerang khususnya mereka yang tergabung dalam Kesatuan Aksi Mahasiswa dan Pemuda Pelajar yang dikoordinir oleh Himpunan Warga Mahasiswa Tangerang (HIWAMATA) bersama-sama kekuatan ABRI dan masyarakat yang ada di Tangerang bersama-sama bahu membahu menumpas sisa-sisa pemberontakan tersebut sehingga situasi Tangerang tetap aman dan kondusif.

Pada waktu itu, Tangerang bidang pendidikan masih memprihatinkan. Jangankan mempunyai perguruan tinggi, sekolah menengah pertama pun baru ada pada tahun 1951 dengan didirikannya SMP Mardi Siswa yang merupakan cikal bakal berdirinya SMP Negeri 1 Tangerang. Walaupun sebelumnya pernah ada gagasan dari para alumni Akademi Militer Tangerang untuk mendirikan perguruan tinggi, namun tidak sempat terealisasi.

Dalam kondisi semacam itu, para pemuda Tangerang yang akan melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi mengalami kesulitan karena harus pergi ke kota besar di luar Tangerang yang tentu saja memerlukan biaya besar.

Dengan latar belakang tersebut dan didorong dengan semangat patriotik, para pemuda yang tergabung dalam Kesatuan Aksi Mahasiswa (KAMI) pun tergugah dan akhirnya berupaya mencoba menggoreskan pena untuk mengukir sejarah bagi Kabupaten Tangerang, yaitu dengan merintis berdirinya sebuah perguruan tinggi yang pertama dalam sejarah Tangerang.

Gagasan berdirinya perguruan tinggi di Tangerang dicetuskan dan diprakarsai oleh mahasiswa yang kuliah di Jakarta yaitu : Muh. Astary, M. Thamrin HR dan M. Sanny Iskandar.

Pada tanggal 13 Maret 1966, dibentuklah Panitia Persiapan Pendirian Universitas Islam Syekh-Yusuf Cabang Tangerang, dengan susunan panitia sebagai berikut :

Ketua
Wakil Ketua
Sekretaris
Wakil Sekretaris
Anggota

: H. Abdullah Segaf
: H. Somawinata
: Muh. Astary
: M. Thamrin HR., Sm.Hk
: Machlan
H.A. Sadeli
M. Sany Iskandar

Dengan bekerja keras, panitia persiapan segala sesuatu yang diperlukan untuk mendirikan universitas yang dipertama di Tangerang. Alhamdulillah dengan ridho dan izin Allah SWT Universitas Islam Syekh Yusuf Cabang Tangerang berdiri pada tanggal 14 April 1966 berdasarkan Surat Keputusan Yayasan UNIS Jakarta Nomor 290-UNIS-XXVII-KPTS-1966 dengan susunan pengurus sebagai berikut :

Pelindung
Ketua Umum

Ketua I
Ketua II
Ketua III
Ketua IV
Sekretaris I
Sekretaris II
Bendahara I
Bendahara II
Seksi Usaha

: Panca Tunggal
: Mayor TNI – Ade Mugni

: Drs. Kama Suwanda
: A. Tabhrani
: H.M. Sjafe’i
: H. Abdullah Segaf
: Mas Hasan Djakaria
: Muh. Astary
: A. Sunendi
: A. Sya’duny
: H.A. Sadeli
Abdullah Asep

Anggota :

  1. M. Ma’sum S. Salim
  2. Kusuma Atmasasmita
  3. Shohib Abdul Azis
  4. M.A. Thohirudin
  5. Arif Suhaemi
  6. A. Mukri Rachiem
  7. R. Aboebakar Saleh
  8. H. Somawinata
  9. H. Abdullah Amin
  10. M. Thamrin HR. Sm. Hk.

Pada tanggal 10 Nopember 1966, Universitas Islam Syekh Yusuf (UNIS) Tangerang memulai perkuliahannya yang pertama diresmikan oleh Bupati Kabupaten Tangerang H.E. Muhdi dengan membuka satu Fakultas yaitu HESP (Hukum, Ekonomi, Sosial Politik) dengan susunan pengurusnya :

Gedung Universitas Islam Syekh Yusuf (UNIS) yang pertama pemberian dari pemerintah Kabupaten Tangerang ialah Gedung eks SMA Baperki di Babakan Ledeng UNIS yang sekarang digunakan oleh SLTPN 17 Tangerang.Mahasiswa pertama masuk ke UNIS Tangerang berjumlah 219 orang terdiri dari 139 orang Jurusan Hukum, 46 orang Jurusan Ekonomi dan 34 orang Jurusan Sosial Politik.

Setahun setelah menempati gedung yang pertama itu gedung perkuliahan dipindahkan ke gedung eks SD Baperki yang sekarang dipergunakan SD dan SMP Syekh Yusuf. Gedung ini juga pemberian pemerintah Kabupaten Tangerang terletak di Jalan Saham, yang selanjutnya sebagai penghargaan kepada Universitas Islam Syekh Yusuf (UNIS) oleh pemerintah daerah jalan tersebut diganti namanya dengan nama Jalan Syekh Yusuf.

Dengan terbitnya peraturan yang tidak membenarkan kelas jauh bagi Perguruan Tinggi Swasta (PTS), maka pada tanggal 4 September 1975, UNIS Tangerang melepaskan diri dari induknya yaitu UNIS Jakarta berdasarkan Piagam Pelepasan Nomor 123/UNIS-IX/75 dan berada di bawah binaan Yayasan UNIS Tangerang. Sejak itu Universitas Islam Syekh Yusuf (UNIS) Tangerang terdaftar di Kopertis Wilayah III (sekarang Kopertis Wilayah IV) Jawa Barat di Bandung yang terdiri dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Hukum, dan Fakultas Teknologi Tekstil, sedangkan Fakultas Ushuludin terdaftar di Kopertis Wilayah I Jakarta.

Tahun 1979, Universitas Islam Syekh Yusuf (UNIS) Tangerang dikembangkan dengan membuka satu fakultas, yakni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Jurusan Administrasi Supervisi Pendidikan (Adsup), sedangkan Jurusan Pendidikan Dunia Usaha pada fakultas ini dibuka pada Tahun Akademik 1981/1982.

Tumbuh dan berkembangnya UNIS Tangerang tidak terlepas dari perhatian pemerintah daerah dan masyarakat pada umumnya. Hal ini terbukti bahwa sejak berdirinya, UNIS Tangerang senantiasa mendapat bantuan dari aparat pemerintah daerah, baik selaku pribadi maupun secara kedinasan, juga dari para pengusaha yang bermukim di wilayah Tangerang. Pada tahun 1980 UNIS Tangerang bekerjasama dengan APSyFI dan pemerintah daerah yang memulai pembangunan kampus baru di Jalan Harapan II (sekarang Jalan Maulana Yusuf), di atas tanah seluas 1,2 Ha. Keseluruhan biaya pembangunan gedung tersebut ditanggung oleh pihak APSyFI sedangkan tanahnya disediakan oleh pemerintah daerah.

Tanggal 8 Februari 1982 merupakan hari bersejarah bagi UNIS Tangerang, pada hari itu UNIS Tangerang menempati kampus baru di Jalan Harapan II. Sebelum menempati kampus ini, UNIS Tangerang yang berkampus di Jalan Saham (sekarang Jalan Syekh Yusuf), yang saat ini dipakai untuk SD dan SMP Syekh Yusuf, perpindahan ini membawa hikmah dan kemajuan yang besar bagi perkembangan UNIS Tangerang, sebab selain itu tempat yang cocok untuk kegiatan belajar mengajar karena jauh dari kebisingan kota, juga tanah untuk pengembangan gedung perkuliahan masih tersedia cukup luas, sehingga pada tahun 1985 UNIS Tangerang berhasil merampungkan pembangunan Gedung III yang dananya bersumber dari bantuan konsentrasi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan melalui Kopertis Wilayah IV Jawa Barat dan swadaya UNIS sendiri.

Pembangunan prasarana fisik untuk menunjang proses belajar mengajar di UNIS Tangerang berlangsung terus, hingga diresmikan penggunaan gedung IV (lantai II) bersamaan dengan Dies Natalis ke-28, tepatnya pada tanggal 14 April 1994. Pembangunan gedung inipun tidak terlepas dari bantuan para pengusaha dan masyarakat Tangerang bersama-sama dengan pemerintah Kota Tangerang. Pada tahun akademik 1995/1996 telah dibangun gedung Fakultas Teknik dan Fakultas Ekonomi yang terdiri dari dua lantai, berdekatan dengan gedung Fakultas Teknik yang lama, diperuntukkan bagi ruang kuliah, laboratorium, dan perkantoran.

Proses dan dinamika pembangunan menuntut peningkatan mutu Sumber Daya Manusia agar memiliki kinerja yang baik yang bercirikan disiplin dan produktif sesuai profesi serta spesialisasi maupun dalam lingkup bertanggung jawab sosial. Hal tersebut pada dasarnya merupakan upaya konkrit untuk meningkatkan mutu para eksekutif serta tenaga edukatif. Dalam kaitan ini UNIS Tangerang pada tahun Akademik 2000/2001 membuka Program Pascasarjana (S2) Konsentrasi Program Studi Ilmu Administrasi. Pada Tahun Akademik 2002/2003 Program Pascasarjana UNIS Tangerang Program Studi Ilmu Administrasi membuka dua konsentrasi yaitu Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Administrasi Pendidikan.

UNIS sebagai salah satu universitas Islam terkemuka di Kota Tangerang tentulah  membutuhkan fasilitas ibadah yang representatif guna menunjang kegiatan beribadah bagi civitas akademika di lingkungan kampus. Bertepatan dengan penyelenggaraan Lustrum VII pada tanggal 14 April 2001 diresmikan oleh Bapak Walikota Tangerang pembangunan Masjid Al-Muzakirin Kampus UNIS Tangerang, yang bukan saja merupakan kebanggaan masyarakat kampus, tetapi juga masyarakat Kota Tangerang.

Sarana dan prasarana pembangunan fisik terus dikembangkan oleh UNIS Tangerang. Sejalan dengan perkembangan pembangunan Kota Tangerang menjadi kota metropolitan, maka UNIS merasa perlu untuk merubah image dan wajah kampus UNIS menjadi kampus yang megah, asri dan nyaman. Mulai Tahun 2010 Yayasan Islam Syekh-Yusuf membangun gedung baru pada lahan gedung Fakultas Teknik yang dibongkar. Gedung baru dengan enam lantai yang dipergunakan untuk ruang kuliah dan kantor fakultas-fakultas (lantai 2 s/d 5), lantai 6 diperuntukkan bagi fasilitas auditorium serbaguna dan basement untuk parkir. Gedung Baru tersebut resmi mulai digunakan pada tahun akademik 2012/2013 dan disebut sebagai Gedung A.

Pada Tahun 2015 Yayasan Islam Syekh-Yusuf kembali memulai pembangunan Gedung B di atas lahan bekas gedung FISIP yang saat buku ini diterbitkan sudah selesai hingga kerangka gedung dengan jumlah tujuh lantai dan proses pembangunan masih berjalan. Insya Allah gedung B tersebut sudah dapat digunakan pada tahun akademik 2017/2018.